Rabu, 21 November 2012

Seputar menyimpan makanan dalam lemari es

Menyimpan makanan dalam lemari es, bertujuan agar makanan lebih tahan lama. Tetapi harus diingat bahwa dalam lemari es, terdapat bermacam-macam bakteri yang berkembang. Jangan lupa untuk selalu membersihkan lemari es (tanpa mematikannya) 2 minggu sekali, cukup dilap dengan lap kering dan mencuci raknya 1 bulan sekali.

Agar makanan tahan lebih lama lagi terdapat beberpa trik yang mudah dilakukan, dibawah ini beberapa diantara yang saya ingat :

Freezer
Untuk menyimpan makanan di freezer jangan lupa memberi tanggal ketika dimasukan pada tempat penyimpanannya
Daging dan ayam, dicuci bersih dan dikeringkan, kemudian simpan dalam plastik atau freezer box.
Ikan, bersihkan ikan sampai siap diolah, bungkus dengan kicthen paper, kemudian masukan plastik/freezer box.
Makanan olahan seperti nugget, gyoza, siomay, yang telah dibuat sampai jadi (seperti dijual di swalayan), simpan dalam freezer box dengan teratur, tutup bagian atasnya dengan plastik wrapping, kemudian tutup dengan tutup freezer box.
Hamburger, yang telah dibumbui dan dimasak setengah matang, setelah dingin bungkus dengan plastik wrapping satu per satu, kemudian masukan kedalam plastik/freezer box.
Roti, setiap helai dibungkus dengan kitchen paper kemudian dibungkus dengan alumunium foil atau plastik freezer simpan di freezer. Roti akan bertahan sampai 1 minggu.
Tempe, untuk menghambat fermentasi agar tempe lebih tahan lama, dapat disimpan di freezer.
ASI*, setelah diperas disimpan dalam plastik khusus ASI (saya kurang tahu di indonesia ada atau tidak), atau pada botol susu tertutup yang telah di sterilisasi. untuk penyimpanan di freezer bisa tahan sampai 3 bulan. jangan khawatir jika warna ASI sedikit berubah menjadi kekuning-kuningan. Sedangkan untuk penyimpanan di lemari pendingin ASI hanya tahan 2 X 24 jam dalam tempat steril. Jika tempatnya tidak steril ASI hanya bertahan 24 jam saja.
Untuk defroze bahan makanan selain ASI, selain cara-cara yang telah umum, bahan makanan setelah dibuka dari freezer box bisa disimpan di wajan teflon, proses pencairan lebih cepat dari pada disimpan biasa, dan hasilnya lebih baik daripada menggunakan air panas atau microwave.

Lemari pendingin
Jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa suatu produk. Tanggal kadaluarsa yang tertera adalah jika produk disimpan dalam lemari pendingin tanpa dibuka kemasannya.
Produk susu pasterisasi/UHT, yoghurt, dan jus, yang kadaluarsanya sekitar 1 minggu, bila telah dibuka kemasannya, hanya bertahan sampai 3 hari.
Telur, diletakan dengan bagian lancip dibagian bawah, telur mentah bisa tahan lama, sedangkan tetur rebus (yudetamago) hanya bertahan 2-3 hari saja. untuk di indonesia, sebaiknya telur dicuci bersih dengan sabun terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran 
Untuk produk bumbu masakan walaupun memiliki kadalursa lama hanya bertahan  1 bulan lebih.
Shoyu, mayones, saus, cuka, dressing  bertahan lebih lama setelah dibuka.
Tahu/tofu, biasanya kadaluarsa dalam 3 hari, tapi jika tahu tersebut disimpan ditempat tertutup (semacam kontainer), dan diberi air yang diganti setiap hari, tahu bisa disimpan sampai 1 minggu. Air yang biasa ada dalam kemasan tahu adalah air biasa, sehingga jika air diganti setiap hari bisa menghambat bakteri berkembang.
Keju, setelah kemasannya dibuka sebaiknya selalu dibungkus kembali dengan plastik wrapping.
Sayuran, potong telebih dahulu jika sulit saat proses penyimpanan, cuci sayuran sampai bersih, keringkan kemudian bungkus dengan kitchen paper, masukan kedalam plastik tertutup, atau kontainer. Untuk setiap sayuran terpisah, karena setiap sayuran mengeluar gas yang berbeda. Sayuran bisa bertahan 1 minggu.
Toge/kecambah, agar tidak berair dan cepat busuk terlebih dahulu direbus kemudian ditiriskan sampai kering, baru kemudian diperlakukan seperti sayuran lain.
Buah-buahan, perlakuan terhadap buah-buahan hampir sama seperti sayuran. Untuk buah yang telah dikupas dan akan disimpan lagi sisanya ( seperti melon, semangka, pepaya) terlebih dahulu di bungkus plastik wrapping.
Kentang dan wortel yang tumbuh tunas, buang tunas dan bersihkan kembali kemudian perlalukan seperti sayuran yang lain
Bawang bombay, dapat disimpan begitu saja di plastik atau kontainer. Atau disimpan diudara terbuka diluar lemari es. Tunas yang tumbuh dari bawang bombay bisa dikonsumsi/dimakan seperti daun bawang daun atau seledri.
Masakan, menyimpan masakan atau makanan sisa, setelah dingin tutup dengan plastik wrapping kemudian masukan lemari pendingin.
Obat-obatan, untuk obat yang disimpan pada suhu dingin, tempatkan pada kontainer tertutup khusus obat-obatan.

* Untuk ibu menyusui
Sumber : acara dari youmiuri terebi setiap malam minggu jam 8 malam (kalo tidak salah), dan berbagai acara kuizu (quiz) dan tips seputar dapur dari tv jepang.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...